Jheina Jahe Siap Seduh, Praktis dan Menghangatkan

oleh -3 views

Pandemi masuk Indonesia awal Maret 2020. Kasus Covid-19 pertama menimpa warga Depok. Dan praktis, sejak saat itu hingga kini pandemi masih belum sirna. Alhasil, hal itu menyebabkan seluruh kegiatan belajar mengajar di Indonesia dihentikan. Siswa dan guru ‘dipaksa’ sekolah dari rumah. Alhasil, banyak waktu luang yang dimiliki di rumah. Waktu yang akhirnya digunakan untuk menyaksikan situs berbagi video, Youtube. Dari sinilah ide usaha Jheina Jahe Siap Seduh berawal.

Jheina Jahe Merah

Thanx to TheHasanVideo, sebuah channel kuliner yang mengkhususkan berbagi resep memasak aneka olahan makanan, minuman dan masakan asal Madiun, yang tiba-tiba muncul di beranda. Judul videonya, Ide Usaha Untung Manis: Jahe Instan Bubuk Tahan 3 Bulan, yang bikin penasaran untuk ditonton. Merasa mudah untuk ditiru, akhirnya saya mempraktekan resep itu dan berhasil. Saya membagikan hasil olahan ke teman-teman sebagai tester. Respon yang positif memperkuat tekad saya untuk terus memproduksi jahe siap seduh. Saya memasarkan produk tersebut di sekitar lingkungan tempat tinggal.

SOP Terbaik

Produk akhir dengan kualitas terbaik tentu saja memerperlukan SOP (Standart Operation Procedure) produksi. SOP terus saya sempurnakan demi menghasilkan produk terbaik untuk konsumen. Meski resep sudah pasti, namun dalam tahap demi tahap dalam proses produksi olahan terus berkembang. Poinnya adalah mencari SOP paling efisien dan tentunya yang berhasil. Selama tahap trial and error, sempat 4 kali mengalami kegagalan produksi. Olahan tidak menjadi serbuk, hanya sampai tahap adonan kental.

Akhirnya, semua proses itu menghasilkan SOP yang prima, hingga kini. Alhamdulillah, kegagalan tidak pernah hadir kembali. Sejak produksi pertama jheina jahe siap seduh, kini jhei.id sudah memiliki 5 varian produk plus 1 varian pack, yaitu:

  1. Jahe Siap Seduh
  2. Jahe Merah
  3. Pasak Bumi
  4. Temulawak
  5. Kunyit Asam
  6. Pasak Bumi Sachet

Jheina pasak bumi

JHEINA

Untuk merek dagang, saya memilih nama JHEINA. Jheina berasal dari bahasa madura yang berarti JAHENYA. Alasan memilih nama itu agar lebih beraroma lokal, karena saya tinggal di lingkungan yang mayoritas bersuku Madura. Saya mendaftarkan paten Jheina ke Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI) untuk mendapatkan perlindungan merek. Beruntung, nama tersebut masih belum ada yang menggunakan, sehingga bisa saya klaim.

Terima kasih untuk Dinas Koperasi Provinsi Jawa Timur yang memfasilitasi pendaftaran merek dagang para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Melalui program mereka, jheina dan 99 merek lainnya di Jawa Timur akhirnya mendapatkan perlindungan merek. Proses tersebut berlangsung sejak November 2020. Meski hingga kini sertifikat belum turun, namun merek-mereka kami sudah resmi terdaftar. Gratis pula. Big thank you.

Jheina merupakan produk olahan dengan bahan utama ekstrak jahe, baik jahe emprit maupun jahe merah. Saya memadukan bahan utama dengan gula tebu dan rempah-rempah seperti serai, kayumanis dan cengkeh. Melalui proses pengolahan, Jheina hadir berbentuk serbuk yang siap seduh. Jadi, konsumen tidak pelu repot lagi, cukup mencampur 1,5-2 sendok makan Jheina ke dalam segelas air hangat, aduk sebentar dan tinggal sruput. Jheina, siap menjadi teman hangat Anda.

Artikel Terkait :

Artikel Terbaru :

Tentang Penulis: karis

Gambar Gravatar
Terima kasih telah mampir di blog kami, semoga informasi yang kami sajikan bisa bermanfaat bagi kita semua

6 thoughts on “Jheina Jahe Siap Seduh, Praktis dan Menghangatkan

Tinggalkan Balasan