Kemasan Aluminium Foil Untuk Menjaga Kualitas Jheina

oleh -6 views
kemasan aluminium foil

Jheina Jahe Emprit Siap Seduh menjadi produk pertama dari usaha mikro jhei.id. Dengan bermodalkan ilmu dari Youtube, kami memberanikan diri untuk memproduksinya. Usaha pertama menghasilkan serbuk jahe cukup baik. Kami mengolah ekstrak jahe dengan gula tebu dan rempah-rempah untuk menghasilkan serbuk siap seduh. Dan kami mengemasnya sedemikian rupa agar menarik untuk dilihat. Kemasan aluminium foil menjadi pilihan. Dari sinilah semua berawal.

Kami memilih jahe emprit sebagai bahan pertama produksi jahe siap seduh karena sesuai dengan yang kami lihat di channel Youtube TheHasanVideo. Alasannya simpel, mudah dilakukan dan mudah mendapatkan bahan bakunya, di pasar kecamatan tersedia. Saat itu, kami belum memikirkan untuk membeli jahe dari pengepul atau agen, karena namanya juga masih coba-coba, sedikit saja dulu.

Seperti disebutkan sebelumnya, Jheina jahe siap seduh menggunakan bahan utama jahe emprit atau sering juga disebut jahe putih. Secara teknis, kami memilih jahe jenis ini karena rasanya yang pedas. Dari tiga jenis jahe yang ada di Indonesia, jahe emprit ini memang cocok untuk dikonsumsi sebagai minuman.

Kemasan Itu Penting!

Kami mengemas Jheina ini dalam kemasan stand pouch aluminium foil 250 gram. Awal mula kami menggunakan stand pouch plastik di awal-awal produksi, sekitar bulan April 2020 lalu. Kemudian, seiring riset dan pengembangan yang kami lakukan, kemasan terus mengalami revolusi. Masih tetap stand pouch, namun kali ini kami memilih jenis semi plastik yang tidak transparan. Masih ada sedikit ‘jendela’ di kemasan yang memungkinkan isi serbuk jahenya terlihat.

Kami memang begitu concern dengan pengemasan, sebab kami menganggap kemasan adalah baju, baju yang bagus dan menarik akan membuat orang meliriknya. Dengan melirik, maka ada kemungkinan mereka akan menyukainya dan kemudian membelinya.

Kemasan dan Ijin PIRT

Tidak sampai di situ, kami terus melakukan evaluasi terhadap kemasan. Apalagi seiring proses perijinan yang kami ajukan ke Dinas Kesehatan untuk mendapatkan Ijin Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT). Mereka menyarankan kami menggunakan kemasan aluminium foil. Ok, saran yang baik tentu harus kami ikuti dan jalankan.

Alhasil, sejak ijin PIRT Jheina Jahe Siap Seduh keluar, kami terus menggunakan kemasan stand pouch aluminium foil untuk produk ini dan akan segera disusul varian produk lainnya.

Mengapa Harus Aluminium Foil?

Penggunaan aluminium foil sebagai bahan baku kemasan untuk makanan dan minuman memiliki beberapa keunggulan, antara lain terjaga:

  • Kemurnian & Khasiatnya
  • Kebersihannya
  • Cita Rasa dan Kesegarannya

Sebab, aluminum foil mampu menjaga isi di dalamnya dari cahaya, oksigen, bau, rasa, lembab hingga bakteri dan mikroorganisme jahat yang mampu merusak kualitas produk.

kemasan aluminium foil

 

Anda Berminat?

Silahkan cek instagram kami di @jhei.id serta fanspage facebook @jhei.id atau whatsapp di wa.me/6282335553987

Tentang Penulis: karis

Gambar Gravatar
Terima kasih telah mampir di blog kami, semoga informasi yang kami sajikan bisa bermanfaat bagi kita semua

One thought on “Kemasan Aluminium Foil Untuk Menjaga Kualitas Jheina

Tinggalkan Balasan