Kemasan Jheina (Akan) Berubah Lagi dan Lagi!

oleh -164 Dilihat
kemasan jheina

Kemasan Jheina (Akan) Berubah Lagi dan Lagi! Baca judul tulisan ini Anda pasti akan mengernyitkan dahi lalu berkata, “kok bisa?”. Resiko sangat besar jika sebuah produk terus mengalami perubahan kemasan, konsumen bakal bingung dan akhirnya berpaling. Eits, ini pembelaan Kami!

Sebelumnya terima kasih untuk tetap mengikuti tulisan demi tulisan di blog sederhana ini. Kemasan memang menjadi concern utama kami di Jhei.id. Bukan berarti kualitas produk diabaikan, tapi keduanya adalah prioritas kami untuk menghadirkan produk terbaik bagi teman-teman.

Sejarah Kemasan Jheina

Jheina pertama kali diproduksi pertengahan tahun 2020 silam, bertepatan dengan dimulainya “era corona”. Kemasan pertama Jheina adalah standing pouch plastik bening. Masih polos tanpa embel-embel apapun termasuk sticker kemasan, maklum Kami masih belum mendapatkan banyak pencerahan soal ini.kemasan jheina

Tak lama kemudian, Jheina mulai mengganti kemasan menjadi plastik berwarna, masih standing pouch tentunya. Warna coklat menjadi pilihan, karena kami menilai identik dengan produk yakni jahe emprit yang berwarna coklat. Kami mulai menggunakan sticker tempel yang merupakan karya dari dari salah satu rekan kantor, Mas Andre. Desain sticker ini menjadi dasar pengembangan desain ke depan.

kemasan jheina

Perubahan terus belanjut hingga akhirnya kami menggunakan kemasan standing pouch aluminium foil yang lebih aman bagi lingkungan dan kesehatan. Ini sesuai dengan saran dari Dinas Kesehatan Kab. Situbondo saat kami mengajukan P-IRT. Kami juga terus mengubah desain sticker kendati tidak terlalu ekstrem.

Kemasan Full Print

Kami sempat menggunakan kemasan full print yang lebih kekinian. Varian jahe merah siap seduh yang kami pilih untuk menggunakan kemasan ini. Bukan tanpa alasan, sebab selain varian tersebut yang paling diminati konsumen, juga keterbatasan dana memaksa kami untuk memilih hanya satu varian. Maklum, masih konsentrasi ke penyediaan bahan baku dan stok produk.kemasan jheina

Kami hanya mencetak 100 pcs kemasan full print. Oh iya, selain dua alasan di atas, menggunakan kemasan full print paper metallize dalam rangka persiapan tes pasar ke Turki. OK OCE Ina Makmur yang menginisiasi ide tersebut, terima kasih. Yes, Jheina akan menembus ekspor, begitu kira-kira di benak kami. Kendati hingga kini 6 bulan kemudian masih belum berangkat dikarenakan beberapa hal. Jika memang rejeki gak bakal kemana.

Dua Sisi

Perubahan kemasan dan sticker terus berlanjut. Terkini adalah sejak April lalu kami kembali menggunakan standing pouch aluminium foil untuk seluruh varian. Perbedaannya adalah sticker yang kami gunakan kini telah menempel di dua sisi kemasan, depan dan belakang.

Sticker depan menggambarkan informasi merek Jheina dan varian produknya, termasuk keterangan berat bersih, nomor ijin edar PIRT, logo dan nomor LPPOM MUI alias label Halal, juga logo dan slogan Jheina. Jadi, sticker depan tampak lebih bersih dan fokus ke nama Merek dan Produk.

Sementara itu, bagian belakang berisikan informasi komposisi, saran penyajian dengan ilustrasi gambar, kode produksi, informasi kadaluwarsa, hingga keterangan produsen dan filosofi Jheina. Sebelumnya, bagian belakang kemasan tidak ada sticker.

 

Menggunakan dua sisi sticker di kemasan menurut kami lebih mampu mengirim pesan kepada konsumen. Informasi yang ingin kami sampaikan ke teman-teman mudah-mudahan menjadi lebih terlihat semakin memahami maksudnya. Selain itu, keluarnya label Halal Jheina juga mempengaruhi dan juga filosofi Jheina yang juga kami masukkan ke sticker kemasan.

kemasan jheina

Akankah Berubah Lagi?

Jawabannya Insya Allah iya. Sesuai judul, kemasan Jheina masih akan berubah lagi dan lagi. Bukan berarti akan selamanya berubah, tapi kami terus mencari kemantaban visual dan kelegaan hati untuk kemasan Jheina. Sampai kapan? Belum bisa jawab alau pertanyaan ini hehehe…

Rencana kami selanjutnya adalah kembali menggunakan kemasan full print. Nah lho… hehehehe… Betul, kami memang berencana untuk kembali menggunakan kemasan kekinian tersebut, namun dengan konsep berbeda. Tidak hanya desain namun juga penggunaannya yang akan berbeda.

Kami sudah memiliki desainnya yang merupakan paduan dari full print dan sticker tempel. Dan, kami akan menggunakan konsep satu kemasan untuk beberapa varian. Kemasan full print nanti punya desain tetap, namun informasi jenis varian produk yang di dalamnya akan diinformasikan dalam bentuk sticker tempel.

 

Untuk tahap awal, kami memilih varian Jahe Merah, Jahe Emprit dan Jahe Pasak bumi yang akan menggunakan satu kemasan sama. Berikut konsep desain kemasan baru kami:

kemasan jheina

Kami tidak sabar menunggu kemasan baru itu dicetak, namun kami juga harus sabar untuk mengumpulkan dananya. Doakan kami bisa segera mencetak kemasan baru tersebut. Juga kami butuh support teman-teman semua, misalnya dengan melakukan pembelian Jheina di link berikut:

Untuk informasi seputar Jheina dan juga fast respon pembelian bisa ke media sosial kami di:

Terima kasih

Tentang Penulis: karis

Gambar Gravatar
Terima kasih telah mampir di blog kami, semoga informasi yang kami sajikan bisa bermanfaat bagi kita semua

Tinggalkan Balasan