Klasemen Konstruktor MotoGP 2021, Yamaha Terdepan!

oleh -5 views
Line up motogp 2022

Klasemen konstruktor MotoGP 2021 memunculkan pabrikan Yamaha sebagai yang terdepan. Hal tersebut tidak lepas dari mengkilapnya performa dua pembalap mereka, Fabio Quartararo dan Maverick Vinales. Bukan tanpa sebab, keduanya telah memenangi lebih dari separuh balapan di paruh musim pertama.

Di MotoGP 2021 ini ada 6 pabrikan (konstruktor) yang ikut serta, yakni 3 pabrikan Jepang dan 3 pabrikan Eropa. Masing-masing trio Yamaha, Honda dan Suzuki serta Ducati, KTM dan Aprilia. Tentu saja, selain menarik menyaksikan kompetisi antar pembalap tapi juga seru untuk mengikuti adu teknologi dari masing-masing pabrikan.

Untuk menentukan poin konstruktor, Dorna telah mengaturnya sedemikian rupa. Jumlah poin konstruktor pada dasarnya mengikuti poin pembalap, yaitu 25 poin untuk kemenangan, 20 runner up, 16 ketiga dan seterusnya hingga 1 poin untuk pembalap finish ke-15. Sedangkan, di luar top 15 tanpa poin.

Jadi, setiap pabrikan motor mendapat poin hanya dari satu pembalap yang finis terbaik di balapan dan menggunakan motor pabrikan itu, meskipun timnya mungkin berbeda. Meskipun pembalap yang finish terbaik adalah dari tim satelit, namun poinnya tetap akan dimasukkan ke dalam poin konstruktor pabrikan tersebut.

Sebagai contoh Honda, pada seri keempat di Jerez, pembalap tercepat mereka yang menyentuh garis finish adalah Takaki Nakagami. Padahal, Nakagami bukanlah pembalap tim pabrikan, melainkan tim satelit LCR Honda. Namun, karena tidak ada satupun pembalap Honda lainnya (Tim Pabrikan Repsol Honda) yang lebih baik darinya, maka poin konstruktor Honda adalah dari poin Nakagami yaitu 13 (finish keempat).

Yamaha Semakin Di Depan

Nah, hingga memasuki seri kesembilan di Assen bulan lalu, Yamaha menguasai klasemen konstruktor. Dari 5 total kemenangan (Quartararo 4, Vinales 1) maka Yamaha punya 125 poin maksimal dari hasil finish terdepan. Selain itu, finish ketiga Quartararo di Le Mans dan Sachsenring dan Morbidelli di Jerez menyumbang 48 poin. Sedangkan hasil terburuk Yamaha adalah saat race Catalunya dimana Vinales menjadi pembalap tercepat mereka yang finish ke-5 dengan 11poin.

Jadi, inilah klasemen konstruktor MotoGP 2021 pasca seri Assen, Belanda:

Klasemen konstruktor motogp

Klasemen Team

Sementara itu, Monster Energy Yamaha MotoGP memimpin klasemen kategori tim dengan Ducati Lenovo Team dan Pramac Racing di tempat kedua dan ketiga. Cukup mengejutkan melihat performa Pramac Racing. Padahal mereka merupakan tim satelit, namun berhasil mengungguli tim pabrikan seperti KT, Suzuki bahkan Honda.

Untuk distribusi poin kategori tim, setiap tim mendapat poin dari akumulasi finish kedua pembalapnya. Sebagai contoh terbaru di seri Assen, Yamaha Factory sukses finish 1-2, artinya poin tim mereka raih maksimal, 25 poin finish pertama Quartararo plus 20 poin finish kedua Vinales.

Musim lalu, Suzuki Ecstar menjadi juara kategori tim. Namun, hingga paruh musim ini mereka masih terdampar di posisi kelima.

Tentang Penulis: karis

Gambar Gravatar
Terima kasih telah mampir di blog kami, semoga informasi yang kami sajikan bisa bermanfaat bagi kita semua

2 thoughts on “Klasemen Konstruktor MotoGP 2021, Yamaha Terdepan!

Tinggalkan Balasan