Merek Jheina Sudah Punya Hak Paten Indonesia

oleh -5 views
merek jheina

Merek Jheina sudah terdaftar di Pangkalan Data Kekayaan Indonesia (PDKI). Sehingga, teman-teman tidak perlu ragu lagi dengan produk-produk Kami. Jadi, Jheina merupakan merek minuman serbuk siap seduh dari jahe dan rempah-rempah pilihan.

Sedikit cerita latar belakang pemilihan nama Jheina untuk produk Kami di jhei.id. Ketika awal memproduksi jahe siap seduh, Kami sebenarnya sudah memikirkan apa nama yang cocok untuk produk tersebut. Saat menemukan nama jhei.id sebagai label usaha, Kami merasa nama tersebut bisa menjadi nama brand.

Hingga akhirnya di bulan Oktober 2020, Kami tersaring dalam program Pengajuan Merek Gratis. Dinas Koperasi Provinsi Jatim yang menginisiasi program tersebut. Pendaftarannya beberapa bulan sebelumnya melalui google form. Program tersebut menyeleksi sekitar 800 pengajuan merek. Dinkop Jatim mengerucutkan menjadi 100 merek saja yang mereka fasilitasi, salah satunya merek Kami.

Awalnya, kami mengajukan nama jhei.id sebagai merek produk jahe siap seduh, namun mereka menolak nama tersebut karena mengandung ekstensi sebuah web (dot id), jadi kami harus mengubahnya. Setelah sekian waktu berpikir nama yang cocok, akhirnya muncul Jheina.

Jahemu

Jadi, prinsip kami untuk nama usaha dan produk kami harus mengandung unsur lokal. Karena kami berdomisili di lingkungan yang mayoritas suku Madura, maka kami memutuskan harus ada unsur bahasa Madura dalam nama merek kami. Selain itu, harus kami padukan dengan unsur kekinian, muncullah nama ide dot id. Jhei.id diambil dari kata jhei yang dalam bahasa Indonesia adalah Jahe.

Nah, untuk merek juga harus sama. Unsur lokal harus kental di nama tersebut, namun masih mudah untuk orang-orang melafalkan atau mengucapkan. Akhirnya, nama Jheina muncul yang berarti Jahemu (Jhei = Jahe, na = mu/kamu). Oke, setelah mengusulkan nama itu dan pihak dinkop menyetujui, PR selanjutnya berdoa agar nama itu belum ada yang mengajukan patennya.

Legal

Setelah melalui proses survey lapangan, pengecekan di database pangkalan data kekayaan Indonesia, singkat cerita Kami akhirnya bisa memakai nama Jheina menjadi paten kami. Tentu saja untuk merek minuman serbuk. Hingga saat tulisan ini naik, sertifikat paten atas nama Jheina memang belum turun, namun di laman web pdki sudah bisa muncul. Silahkan cek ke sini.

Perlindungan merek Jheina sudah berlaku mulai 27 November 2020 dengan nomor pengumuman BRM2067A. Biasanya masa berlaku selama 10 tahun. Sedangkan untuk kelas merek, Jheina ada di kelas 32 yakni kategori Minuman serbuk jahe merah, Minuman serbuk jahe putih.

merek jheina

Jadi, dengan paten ini Kami makin punya tanggung jawab besar untuk menghadirkan produk-produk yang berkualitas bagi teman-teman di luar sana. Hal tersebut sesuai dengan prinsip kami yakni kualitas adalah segalanya. Teman-teman tidak usah ragu untuk membeli dan mengkonsumsi produk kami, insya Allah kami amanah.

Untuk informasi lebih lengkap, silahkan teman-teman cek link instagram kami di @jhei.id. Untuk pemesanan bisa melalui marketplace Shopee dengan akun jhei.id dan di Tokopedia dengan akun jhei-id.

Tentang Penulis: karis

Gambar Gravatar
Terima kasih telah mampir di blog kami, semoga informasi yang kami sajikan bisa bermanfaat bagi kita semua

One thought on “Merek Jheina Sudah Punya Hak Paten Indonesia

Tinggalkan Balasan